Penasaran Siapa Yang Melihat Profile Anda di Facebook ? Sebaiknya Jangan !


Anda penasaran mengetahui siapa saja yang telah melihat profil anda di Facebook ? Sebaiknya tahan rasa penasaran anda dan jangan percaya dengan aplikasi yang mengatakan bisa membantu menemukan teman yang telah mampir menengok halaman profil anda. Bisa jadi aplikasi itu adalah sejenis scam yang menyusup untuk mengambil data pribadi anda.

Situs Huffington Post melaporkan bahwa bermacam jenis aplikasi dengan nama antara lain Profile Sky dan Pro Check dicurigai sebagai scammer yang memperdaya pengguna Facebook.  Aplikasi ini akan meminta anda mengisi sebuah survei pendek dan memberikan ijin aplikasi untuk mengakses informasi anda.

Aplikasi Untuk Melihat Profile Kita di FacebookSumber: Huffington Post

Setelah aplikasi itu sukses mengakses data anda, maka akan muncul teks semacam ini,

“My total facebook views are: 1245 Find out your total profile views.”

Layaknya spam, layanan itu secara otomatis juga akan menyebarkan dengan cepat pesan itu ke seluruh teman anda.

Aplikasi Untuk Melihat Profile Kita di FacebookSumber: Huffington Post

Tak bisa dipungkiri bahwa jejaring sosial macam Facebook ini menjadi ajang ‘narsis’ dan ‘eksis’ oleh sebagian besar penggunanya. Seseorang akan senang jika statusnya dikomentari, mereka juga bangga apabila profilnya dilihat oleh orang lain. Masalahnya Facebook sendiri tidak menyediakan fitur untuk mengetahui jumlah atau siapa saja yang telah melihat profil anda. Berbeda dengan Friendster yang memiliki fitur tersebut.

Nah, inilah yang dimanfaatkan para scammer. Mereka memanfaatkan rasa penasaran pengguna Facebook tentang tingkat ‘kepopuleran’-nya di mata teman-temannya.

Bila anda terlanjur memasang aplikasi ini di Facebook, sebaiknya segera menghapusnya lewat privacy setting. Data pribadi anda tentu lebih penting dibandingkan memenuhi rasa ‘narsis’ anda bukan?

About Prista Ayu
Mahasiswa yang baru belajar nGeblog, Ngeblog untuk sekedar sharing ilmu, pengalaman, dokumentasi hidup, dan mencari teman. Boleh hanya numpang lewat tapi kalau mau komentar akan saya beri ucapkan terima kasih plus backlink gratis karena Blog ini sudah Dofollow -:). Boleh ngasih saran, kritik, caci maki tapi kalau nyepam tak masukin penjara Akismet he he he he ….

2 Responses to Penasaran Siapa Yang Melihat Profile Anda di Facebook ? Sebaiknya Jangan !

  1. bram chivas regal says:

    hmmmmmmmmmm

  2. d2 says:

    HI prista salam kenal 🙂

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.