Kelebihan dan Kekurangan WordPress Dibandingkan dengan Blogspot


Sebenarnya artikel seperti ini banyak sekali di temukan dimana-mana danWordpress mungkin juga sudah basi, tapi mengapa saya menulis artikel ini?. Mungkin ini basi bagi kita-kita atau temen-temen yang sudah lama berkecimpung di dunia blogging. Akan tetapi saya yakin kalau artikel ini akan bermanfaat bila dibaca oleh seseorang yang baru mengenal dunia blog saat ini.

Mengapa saya lebih senang membangun blog atau situs berbasis wordpress ? Itu semua karena saya menemukan banyak kelebihan WordPress dibanding lainnya. Beberapa keunggulan dan kelebihan WordPress blogspot antara lain :

Kelebihan WordPress Dibanding Blogspot

  • Menurut saya untuk pemula, WordPress memang sangat cocok dikarenakan fitur yang mudah dan dengan widget yang mungkin lebih lengkap seperti statistik blog,akismet ( pemblock spam ) yang tidak di temui di blogspot, mungkin ada yang lain, komentar terakhir, favicon, pengaturan gavatar, yang begitu mudah. tapi sekarang blogspot yang begitu mudahnya mengganti themanya dan sekarang banyak sekali yang menyediakan thema blogspot yang sudah dimodifikasi dan begitu bagus, juga sepertinya patut di pertimbangkan.
  • comment friendly: pengunjung mudah berkomentar karena kotak komentar langsung terbuka di bawah posting. Bagi Anda yang suka dikomentarin, wordpress cocok untuk Anda. Sekarangpun sebenarnya juga sudah ada thema dari blogspot yang kolom komentarnya di bawah postingan, akan tetapi memang kalau masalah komentar WP lebih jago.
  • Posting terbaru akan muncul beberapa saat di Dashboard (Menu Utama, dibagian bawah) seluruh pemakai wordpress.com, apabila posting Anda cukup menarik Anda juga berkesempatan masuk BOTD (best of the day) yakni 10 posting terbaik hari itu dan akan muncul selama sehari di Menu Utama (Dashboard) seluruh pemakai wordpress.com. Untuk BOTD ini diklasifikasi berdasar bahasa. Pastikan Anda memilih Bahasa Indonesia pada saat mendaftar.
  • Thema yang disediakan banyak. Kita tinggal milih saja sesuai selera kita

Tiada yang sempurna di dunia ini, begitu juga dengan WP.Kekurangan wordpress.com dibanding blogger.com/blogspot adalah javascript tidak berfungsi (disabled) artinya Anda tidak bisa memasang iklan apapun–AdSense, Adbrite, kalau di indonesia ya KumpulBlogger, Adspeedy dll di wordpress.com. tapi juga bisa pasang referal misalnya..ataupun kalau kitayang suka upload..ya di ziddu biar kita juga bisa dapet uang.

Tapi memang sepertinya WP ini(embeded version/versi nembel di wp.com lho!!)  ditujukan untuk orang yang bener-bener hobby ngeblog, tanpa ada niat untuk pasang iklan dan mencari tambahan penghasilan. untuk melihat lebih jelasnya anda bisa melihat contoh blog dengan blogspot bisa di klik disini dan disini

Untuk contoh blog yang WordPress adalah yang sedang anda baca ini. Mungkin ada lagi masukan dari rekan-rekan blogger mungkin bisa menambahkan di kolom komentar, terima kasih.

About Prista Ayu
Mahasiswa yang baru belajar nGeblog, Ngeblog untuk sekedar sharing ilmu, pengalaman, dokumentasi hidup, dan mencari teman. Boleh hanya numpang lewat tapi kalau mau komentar akan saya beri ucapkan terima kasih plus backlink gratis karena Blog ini sudah Dofollow -:). Boleh ngasih saran, kritik, caci maki tapi kalau nyepam tak masukin penjara Akismet he he he he ….

15 Responses to Kelebihan dan Kekurangan WordPress Dibandingkan dengan Blogspot

  1. anggayasha says:

    ane tambahin ya,
    dashboard WP lebih komplit dari sebelah, trus
    kolom komentar WP lebih friendly dan simple dibandingin sama sebelah. hal ini bisa dilihat dari banyaknya komentar di blog2 WP, sedangkan di blogspot sangat jarang sekali orang mau berkomentar.😦

  2. Maulana says:

    blogspot sekarang udah banyak kemajuan mas bro.. udah ada statistik, mobile version, yaaa tapi gitu kotak komentarnya nyusahin loading nya lama .. berat

  3. imgempol says:

    ya memang ada kekurangan dan kelebihanya. tapi saat ini saya ada kendala pada web mengenai kolom koment di bawah post. saat submit komentar layar blank warna putih. dan sejauh ini saya belum mendapatkan solusi. bisakah membantu saya? sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih..

  4. Juragan Warung says:

    mantabhhhhhh

    http://www.majalahfoto.com

  5. blog saya sekarang masih di blogspot neh,insaallah mau migrasi akh ke wordpress,karna temen2 ane kebanyakan pada ngeblog di wp😀,btw nice share non

  6. Michella Chubby says:

    ohhh jadi WP ga bisa pasang iklan .? wahh parah dah capek2.. baru aja buat WP, bingung mau psang iklan dmna,, klo gtu ttp di blogspot aja dah.. tpi memang cepet bnget ya ke index di WP, gak kyak di blogger…😦
    Salam dri Blogspot Mania..
    Ini Contoh Blogspot Saya

  7. dherwan says:

    WordPress gratisan nggak bisa pasang plugin seperti wordpress yang di install di domain berbayar.

    Blogspot sayangnya nggak ada fasilitas plugin canggih seperti wp

  8. Akang says:

    Blog ane 100 pake WP
    Optimasinya gampang Cuy

  9. Saya lebih nyaman pake WP self hosting
    Kl pake yg gratisan, takut ada penggusuran😀

  10. vikinggarut says:

    terima kasih atas artikelnya semoga bermanfaat

  11. hoi…..hoi.. saya setuju dengan anda…
    dan terima kasih buat artikelnya bermanfaat buat saya..

  12. Ternyata kekurangan terbesar dari WP tidak bisa pasang iklan dengan script ya….kalo gitu cukup buat promo blog dan kegiatan ngeblog doang ya….
    terima kasih

  13. gurugue.com says:

    wah perlu di update lagi ni artikel soalnya blogspot yang dulu beda sekali dengan yang kemarin bro

  14. muchtaralim says:

    Makasih infonya.. saya lebih suka WordPress dari pada blogspot..🙂 WordPress kaya akan fitur2

  15. arahard90 says:

    Semua blogging platform tentu ada kekurangan dan kelebihannya
    tapi saya lebih suka wordpress (self-host) dibanding dengan yang lainnya
    terutama karena ada banyak plugin WP yang sangat membantu
    btw makasi banyak atas infornya yang informatif🙂

Leave a Reply

