Ketidakseimbangan Alam dengan Manusia


Akhir-akhir ini kita sering sekali mendengarkan istilah global warming (pemanasan global). Dimana dengan adanya global warming tersebut, bumi yang kita tempati sekarang ini mulai terkena dampaknya, seperti perubahan cuaca yang tidak menentu, naiknya permukaan air laut, gangguan siklus hewan dan tumbuhan, dan yang paling menghebohkan akibat dari adanya global warming adalah mencairnya es dikutub.

Salah satu factor yang menyebabkan adanya global warming adalah kecerobohan ataupun keserakahan dari manusianya sendiri dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada. Padahal seperti kita ketahui bahwa manusia itu diberi kepercayaan untuk memanfaatkan dan melestarikan alam ini,bukan hanya mereka dapat memanfaatkan alam ini saja, namun mereka juga harus berusaha agar alam ini tetap bisa lestari.

Pada kenyataanya, kita bisa lihat sekarang banyak orang-orang yang tidak bertanggungjawab melakukan penebangan pohon secara liar tanpa mengadakan penanaman kembali, banyak yang membuang sampah sembarangan, dan membangun pabrik-pabrik yang tentunya akan menyumbang banyak polusi.

Semua itu mereka lakukan dengan seenaknya tanpa memikirkan dampak apa yang akan ditimbulkan nantinya. Ditambah lagi,sekarang populasi manusia dari tahun ke tahun selalu bertambah,yang sudah pasti akan menyebabkan konsumsi pangan dan kebutuhan tempat tinggal meningkat. Demi memenuhi kepentingannya tersebut, manusia melakukan pembabatan hutan-hutan untuk dijadikan lahan-lahan pertanian dan perumahan, serta mereka juga mengambil kayunya untuk industri material.

Global WarmingBisa kita bayangkan semakin banyak manusia berarti semakin banyak CO2 yang dibuang dan semakin banyak pula O2 yang dibutuhkan oleh manusia. Sementara itu disaat yang sama,populasi tumbuhan (hutan) yang merupakan penghasil O2 semakin berkurang karena banyak pohon-pohon yang ditebangi secara liar. Akibatnya,penyerapan CO2 menjadi berkurang serta produksi O2 juga berkurang, ketidakseimbangan tersebut mengakibatkan penumpukan CO2 dalam jumlah besar. Belum lagi masalah global warming tersebut diperparah dengan adanya pencemaran udara yang semakin meningkat.

Itu dapat dibuktikan bahwa sekarang semakin banyak dibangun pabrik-pabrik, dimana sisa-sisa dari pembakaran bahan bakar fosil atau limbah tersebut menyumbang begitu banyak gas-gas pencemar yang diantaranya adalah gas-gas rumah kaca (CO2 dan NOx ). Belum lagi ditambah volume kendaraan yang semakin hari semakin meningkat,dan itu juga merupakan salah satu factor pencemaran udara.

Oleh karena itu,untuk mengatasi masalah lingkungan hidup seperti global warming ini perlu adanya kesadaran dari para individu dan kerjasama yang baik untuk semua pihak. Dalam upaya mengatasi masalah lingkungan hidup ini,kita dapat memulai dari hal-hal kecil seperti: dibiasakan membuang sampah pada tempatnya, menebang pohon yang sudah tua kemudian diadakan penanaman kembali,pembuatan pembuangan limbah dari pabrik-pabrik agar tidak mencemari lingkungan.Dengan demikian maka,volume pencemaran lingkungan tidak semakin meningkat.

Karena pada hakekatnya masalah lingkungan hidup ini menjadi tanggung jawab semua orang.Karena itu, sangat diperlukan adanya upaya untuk membina wawasan dan kepedulian masyarakat,agar mereka ikut berpartisipasi dalam mencegah dan mengatasi masalah-masalah lingkungan hidup seperti global warming ini.

About Prista Ayu
Mahasiswa yang baru belajar nGeblog, Ngeblog untuk sekedar sharing ilmu, pengalaman, dokumentasi hidup, dan mencari teman. Boleh hanya numpang lewat tapi kalau mau komentar akan saya beri ucapkan terima kasih plus backlink gratis karena Blog ini sudah Dofollow -:). Boleh ngasih saran, kritik, caci maki tapi kalau nyepam tak masukin penjara Akismet he he he he ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: