Jangan Bawa Mobil Ke Yogyakarta


Ketika berhenti di lampu lalu lintas perempatan jalan Affandi, jalan solo, dan Munggur, Yogyakarta. Disamping lampu merah tersebut terdapat gambar mural yang kira-kira bertuliskan begini, “jangan membawa mobil ke kota Jogja kami.”  Di dinding tersebut tergambar sebuah mobil yang terbalik dengan gambar sepeda diatasnya, kedua ban mobil dan sepeda menyatu.

Kalau liburan tiba, mau itu Natal, Lebaran, ataupun Tahun Baru, bisa kita lihat berbagai macam plat kendaraan ada di jalanan Kota Jogja. Sepanjang perjalanan kita, kita bisa menghitung sampai berpuluh-puluhan jumlah kendaraan mobil yang merupakan plat luar Jogja (saya pernah melakukannya, tapi akhirnya nyerah karena saking banyaknya!). Mungkin begitu juga dengan si pelukis mural tersebut, bertemu dengan berpuluh atau bisa saja beratus-ratus mobil asing dari luar Jogja, yang akhirnya mengakibatkan Jogja menjadi kota padat nan macet setiap waktu.

Setiap tahun, Jogja terasa makin sempit. Apalagi kalau ditambah lagi pas liburan saat ini. Buat saudara/i yang ingin berkunjung ke Jogja, mohon dengan sangat jika bisa diusahakan tidak membawa kendaraan pribadi alias mobil jika Anda hanya berpergian sendiri ataupun berdua/tiga orang, bisa saja menggunakan jasa angkutan umum, yang tentunya akan mengurangi kepadatan di Jogja.

Kemacetan di Jalan Malioboro

Masih untung jika mobil yang digunakan masih dapat dikatakan baik, namun jika mobil yang sudah mulai mengeluarkan asap hitam dalam jumlah yang banyak setiap kali dinyalakan? Waduh, selain menambah macet, hal ini juga menambah udara kotor di Jogja. Kalaupun mau ke Jogja dengan menggunakan kendaraan pribadi, tolong pastikan dulu kendaraan Anda tidak mengeluarkan asap hitam yang berlebihan dan mengganggu.

Seakan kota Jogja tidak lagi nyaman dan tentram, tetapi jadi kota bising dan penuh dengan asap kendaraan ketika liburan tiba..😦

i love Jogja

About Prista Ayu
Mahasiswa yang baru belajar nGeblog, Ngeblog untuk sekedar sharing ilmu, pengalaman, dokumentasi hidup, dan mencari teman. Boleh hanya numpang lewat tapi kalau mau komentar akan saya beri ucapkan terima kasih plus backlink gratis karena Blog ini sudah Dofollow -:). Boleh ngasih saran, kritik, caci maki tapi kalau nyepam tak masukin penjara Akismet he he he he ….

9 Responses to Jangan Bawa Mobil Ke Yogyakarta

  1. Jogja ki seperti apa aja aku belum tau mbak, lagian juga ga punya mobil, hehehehe….🙂

  2. q-bonk says:

    Kalo aku ke Jogya gak bawa mobil….bawa pesawat skalian xixixixi. Hmm aq rindu datang ke Jogya lagi…. sdh 2 tahun lewat

  3. Hello there…. berkunjung lagi. Wah jalan di Yogya macet ya???

  4. tegoeh says:

    wahhh…
    bner bgt itu…
    pa lgi klo lburan gni…
    maaaaaaaaaaaaaaaaceeeeeeeeeeeeeeeeeeetttttttttttttt…

  5. Bung Tobing says:

    berkunjung balik dek prita, senang berkenalan dgn anda. semoga sukses menggapai asanya

  6. Pingback: Transportasi Umum Idaman « Prista Fantasia

  7. Pingback: Mencoba Menembus Pohon Beringin Kraton Yogyakarta « Prista Fantasia

  8. Pingback: Pesawat UFO Mendarat Di Yogyakarta « Prista Fantasia

  9. Pingback: Hasil Investigasi Jejak UFO Di Yogyakarta « Prista Fantasia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: