Summer Triangle (Segitiga Musim Panas)


Tertarik banget sama yang namanya ilmu perbintangan, termasuk pada rasi bintang atau gugusan bintang…sampai-sampai pas SMA ngefans berat sama Teenlit Summer Triangle karanganya Hara Hope,,karena cerita cinta dan persahabatanya yang unik dan menghanyutkan..cihuy ini dia sedikit uraian tentang Summer Triangle atau segitiga khayal pada suatu rasi bintang yang bisa dlihat saat musim kering atau musim panas….

SUMMER TRIANGLE

Summer triangle [segitiga musim panas*]. adalah sebutan uad 3 bintang terang yg ngebentuk segitiga. orang2 bule bilang, kalo summer Triangle uda muncul di langit utara itu berarti musim panas akan segera tiba. ke-3 bintang itu adalah Vega [dari rasi Lyra], Altair [dari rasi Aquila] dan Deneb [dari rasi Cygnus].. Vega merupakan protobintang [calon bintang*] utara, 12 ribu tahun dari sekarang sumbu rotasi bumi kita akan mengarah ke bintang itu. Nantinya Vega akan menjadi bintang utara yg menggantikan kedudukan polaris. ke-3 bintang ini juga sering dgunakan sebagai petunjuk untuk mencari rasi2 bintang yang lainnya. Deneb juga memiliki nama panggilan, orang2 mengenalnya sebagai salib utara. Di tengah2 segitiga ini akan membentang galaksi Milky Way [org Indonesia menyebutnya Bima Sakti*]. Summer Triangle ini juga bisa dilihat di pagi hari selama musim semi dan di malam hari selama musim gugur (sampai bulan November)à ini sedikit cerita dari segi astronomi..

Kalo menurut mitologi Yunani gimana yaaaa..?

Vega, Altair dan Deneb adalah nama2 tokoh dalam mitologi Yunani. Dikisahkan bahwa mereka ber-3 adalah sahabat. Vega si cerdas adalah bagian utama dalam rasi Lyra. Nama Lyra sendiri adalah sebutan untuk harpa milik Orpheus, seorang musisi dalam mitologi Yunani kuno [next time bakal g certain kisah Orpheus dan Eridik*], Deneb yang berada dalam rasi Cygnus adalah sosok angsa putih yang gemulai, cantik dan menarik. Dengan tarian angsanya [swan] dia dapat memikat para dewa-dewi, Dalam suatu legenda, angsa adalah pahlawan bagi OrpheusAltair dalam rasi Aquila lah yang paling kuat diantara mereka bertiga, karena aquila dapat diartikan sebagai elang. simpelnya, Altair tuh digambarin sebagai Guardian Angel bagi 2 sahabatnya…


About Prista Ayu
Mahasiswa yang baru belajar nGeblog, Ngeblog untuk sekedar sharing ilmu, pengalaman, dokumentasi hidup, dan mencari teman. Boleh hanya numpang lewat tapi kalau mau komentar akan saya beri ucapkan terima kasih plus backlink gratis karena Blog ini sudah Dofollow -:). Boleh ngasih saran, kritik, caci maki tapi kalau nyepam tak masukin penjara Akismet he he he he ….

One Response to Summer Triangle (Segitiga Musim Panas)

  1. nice info kak, boleh aku copy paste ke blog-ku? aku cantumin sumber kok😉 thanks before

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: